Dewas KPK Jadwalkan Periksa Firli Bahuri Senin 20 November 2023

Liputan6.com, Jakarta Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) Albertina Ho mengatakan pihaknya sudah menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri.

Pemeriksaan Firli Bahuri berkaitan dugaan pelanggaran etik pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Albertina mengatakan Firli rencananya akan diperiksa pada 20 November 2023.

“Hari Senin tanggal 20 November 2023 jam 10.00 WIB,” ujar Albertina dalam keterangannya, Selasa (14/11/2023).

Diketahui Firli Bahuri mangkir panggilan pemeriksaan Dewas KPK pada Senin, 13 November 2023 kemarin. Firli meminta diperiksa pada hari ini, Selasa (14/11/2023). Sementara itu, hari ini Firli juga dijadwalkan diperiksa penyidik Polda Metro Jaya.

“Kalau hari ini (kemarin) tidak datang dijadwal ulang minggu depan, bukan besok (hari ini),” kata Albertina.

Ketua KPK Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri janji memenuhi panggilan klarifikasi Dewan Pengawas KPK pada Selasa, 14 November 2023. Klarifikasi berkaitan dengan dugaan pelanggaran etik dalam pertemuan dengan Syahrul Yasin Limpo yang berujung pemerasan.

“Sesuai surat resmi Dewas KPK terkait penjadwalan ulang pemeriksaan terhadap Ketua KPK yang akan dilaksanakan pada Selasa, 14 November 2023, Bapak Firli Bahuri mengkonfirmasi akan hadir memenuhi undangan pemeriksaan tersebut sesuai tanggal yang telah ditentukan,” ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (13/11/2023).

Padahal, anggota Dewas KPK Albertina Ho menyebut penjadwalan ulang pemeriksaan Firli Bahuri sudah disampaikan kepada pihak KPK. Albertina menyebut penjadwalan ulang pemeriksaan Firli dilakukan hari ini.

“Hari ini. Kami semula mengundang tanggal 14 (November 2023), kemudian kami minta dimajukan hari ini, karena besok dewas persiapan untuk raker,” ujar Albertina Ho di gedung ACLC KPK, Senin (13/11/2023).

Albertina menyebut pihaknya sudah berkirim surat kepada KPK soal penjadwalan ulang ini. Albertina memastikan surat permintaan penjadwalan ulang sudah diterima pihak KPK.

Baca Juga  Pj Gubernur Kaltim: Pembangunan Buper Bertaraf Internasional di IKN Dilanjutkan!

“Sudah sejak hari Jumat yang lalu, sudah (sampai ke KPK) melalui email,” kata Albertina.

Namun Ali Fikri tak menjelaskan apakah pihaknya sudah menerima surat permintaan pemeriksaan ulang Firli Bahuri atau belum. Ali hanya menyebut undangan pemeriksaan sesuai jadwal yang ditentukan Dewas KPK pada Selasa, 14 November 2023.

“Undangannya sudah diterima dan dijdwalkan besok, dan sudah dikomunikasikan dengan Dewas hadir besok sesuai undangan,” kata Ali.

Ali hanya memastikan Firli Bahuri akan menghadiri pemeriksaan besok. Dia menyebut Firli Bahuri bersedia membebeberkan soal dugaan pertemuan dengan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo.

“Dalam pemeriksaan nantinya Bapak FB pastinya akan menjelaskan duduk persoalan secara jelas dan terbuka, sehingga membantu Dewas KPK dalam proses pemeriksaan penegakan etik ini,” kata Ali.

Ketua KPK, Firli Bahuri mengaku pernah bertemu dengan mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo pada bulan Maret tahun lalu. Pengakuan ini disampaikan Firli saat menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus dugaan pemerasan di Direktorat Tindak Pind…

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *