Menko Polhukam Minta Seluruh Daerah Siaga Waspadai Potensi Karhutla

Menko Polhukam Hadi Thahjanto menyebut, fenomena El Nino masih akan terjadi pada tahun 2024 yang diprediksi pada bulan Mei, Juni, dan Juli. Imbas fenomena El-Nino ini, bakal terjadi potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah wilayah.

Hal itu disampaikannya usai memimpin Rapat Koordinasi Khusus Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2024 di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Kamis 14 Maret 2024.

“Kami sampaikan bahwa sesuai dengan prediksi BMKG, El nino masih terjadi pada tahun 2024 ini. Prediksi pada bulan Mei, Juni, dan Juli itu bisa netral dan berakhir pada akhir tahun 2024, dan masih terjadi potensi kebakaran hutan dan lahan,” kata Hadi.

Menurut Hadi, potensi karhutla pada April dan Juni tidak terlalu tinggi. Namun, pada bulan Mei potensi karhutla mulai meningkat di wilayah Nusa Tenggara.

Kemudian, pada Juli, Agustus, September, potensi tersebut semakin meningkat di wilayah Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Sedangkan, untuk wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara diprediksi pada April ini mengalami kekeringan.

Untuk mengantisipasi ini, Hadi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan teknologi modifikasi cuaca. Hadi juga sudah memetakan daerah-daerah yang akan dilakukan modifikasi cuaca.

“Kita sudah memiliki data termasuk udah didiukung oleh BMKG, BRIN dan TNI untuk menyiapkan Alutista serta teknologi modifikasi cuaca di daerah daerah yang kita antisipasi,” ucapnya.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Sulut Bersama SITC Bikin Terobosan Besar, Ekspor Langsung Berbagai Komoditi ke Asia Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *